Teori Kepentingan Diri (Adam Smith)

Dalam bukunya The Wealth of Nations, Adam Smith kurang lebih menyebutkan: “…..kita tidak hidup dari belas kasih penjual roti……….melainkan karena kecintaaan penjual roti tersebut kepada dirinya sendiri…..”. Maksud pernyataan tersebut adalah penjual roti memproduksi roti-roti yang mereka jual bukanlah karena kasih sayangnya kepada kita melainkan karena kecintaan penjual roti tersebut kepada dirinya sendiri agar dia bisa memenuhi kebutuhan dirinya yang lain dari imbalan atas roti yang dijual kepada kita. Tapi kalau diteliti lebih dalam lagi, dengan kecintaan pada dirinya sendiri sekaligus mendorong penjual roti tersebut untuk memberikan perhatian kepada para pembeli rotinya, yaitu dengan memproduksi roti-roti yang bermanfaat serta memuaskan para pembelinya agar roti buatannya selalu dibeli.

Selain itu sebelum menulis The Wealth of Nations, Adam Smith telah menulis buku The Theory of Moral Sentiments yang menenkankan bahwa “simpati” adalah kekuatan penggerak di balik masyarakat yang makmur dan dermawan. Itu tidak terlepas dari predikat Adam Smith yang selain pemikir ekonomi juga seorang Profesor Filsafat Moral.

Filsuf Skotlandia ini percaya bahwa manusia akan dimotivasi oleh kepentingan diri maupun kedermawanan. Maka dari itu sebuah kesalahan jika memisahkan kapitalisme Adam Smith dengan moral yang baik.

Mungkin hal itulah yang luput dari perhatian Adam Smith, yang beranggapan semua manusia bermoral mulia sehingga beliau mengemukakan teori yang akan berdampak sangat buruk bagi orang banyak jika dipakai oleh orang-orang yang tidak bermoral.

by: Mahmal Rizka

Explore posts in the same categories: Ekonomi, Keuangan

9 Comments on “Teori Kepentingan Diri (Adam Smith)”


  1. semuanya jelas tentang persona.. semakin baik .. semakin laris.. hehe😉

    posting lagi lahhh…

  2. Sadewa Says:

    Salam kenal shob

  3. reza Says:

    jadi inget pelajaran ekonomi dulu😀

  4. arya Says:

    terkait buku-bukunya Adam Smith ini, memang sangat bagus dan dijadikan referensi buku kuliah, termasuk di kampus saya. Saya juga punya yang “wealth of nations” beli dari ebay.

  5. porakranjau Says:

    Salam kenal semuanya.

  6. Mimpi Says:

    Ya memang seperti itulah kehidupan ini.. saling ketergantungan

  7. bimbinganmu Says:

    teruslah berbagi informasi, karena berbagi itu indah, jangan lupa memberi vote pada http://www.bimbinganmu.blogspot.com di ajang Djarum Black Blog Vol.2

  8. bujang riau Says:

    Permisi, saling kunjung ya di blog BUJANG RIAU….
    http://www.darma-saputra.co.cc/, di tunggu ya kedatangan sobat bloger setanah air, salam kenal

  9. bimbinganmu Says:

    Teori Adam Smith ini mang mantap tuk di simak.

    tersulah berbagi info lewat blog, karena berbagi itu indah. Jangan lupa vote blog “bimbinganmu” di djarum black blog competition vol.2


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: